Kompetensi Dasar K13 (KI 3 dan KI 4)

illustrations illustrations illustrations illustrations illustrations illustrations illustrations
Mata Pelajaran PPKN
Pengetahuan (KI 3) Semester II
ID KD Kode KD Deskripsi KD Kelas
1 3.1 mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” Kelas 2
2 3.2 mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah Kelas 2
3 3.3 mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah Kelas 2
4 3.4 memahami makna bersatu dalam keberagaman di sekolah Kelas 2
5 3.1 memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila” Kelas 3
6 3.2 mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah Kelas 3
7 3.3 menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar Kelas 3
8 3.4 memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar Kelas 3
9 3.2 memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari. Kelas 5
10 3.3 menelaah keberagaman sosial budaya masyarakat Kelas 5
11 3.4 menggali manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup. Kelas 5
12 3.1 menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari Kelas 6
13 3.2 menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari Kelas 6
14 3.4 menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya. Kelas 6
Keterampilan (KI 4) Semester II
ID KD Kode KD Deskripsi KD Kelas
1 4.1 menjelaskan hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila Kelas 2
2 4.2 menceritakan kegiatan sesuai aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah Kelas 2
3 4.3 mengelompokkan jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah Kelas 2
4 4.4 menceritakan pengalaman melakukan kegiatan yang mencerminkan persatuan dalam keberagaman di sekolah Kelas 2
5 4.1 menceritakan arti gambar pada lambang negara Kelas 3
6 4.2 menyajikan hasil identifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah Kelas 3
7 4.3 menyajikan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar Kelas 3
8 4.4 menyajikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar Kelas 3
9 4.2 menjelaskan hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Kelas 5
10 4.3 menyelenggarakan kegiatan yang mendukung keberagaman sosial budaya masyarakat Kelas 5
11 4.4 menyajikan hasil penggalian tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan. Kelas 5
12 4.1 menyajikan hasil analisis pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari Kelas 6
13 4.2 menyajikan hasil analisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari Kelas 6
14 4.4 menyajikan hasil telaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya. Kelas 6
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Pengetahuan (KI 3) Semester II
ID KD Kode KD Deskripsi KD Kelas
1 3.10 mencermati penggunaan huruf kapital (nama Tuhan, nama orang, nama agama), serta tanda titik dan tanda tanya dalam kalimat yang benar Kelas 2
2 3.5 mencermati puisi anak dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis dan lisan Kelas 2
3 3.6 mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia Kelas 2
4 3.7 mencermati tulisan tegak bersambung dalam cerita dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan dan hari, nama orang) serta mengenal tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya Kelas 2
5 3.8 menggali informasi dari dongeng binatang (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan Kelas 2
6 3.9 menentukan kata sapaan dalam dongeng secara lisan dan tulis Kelas 2
7 3.2 menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan Kelas 3
8 3.3 menggali informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan Kelas 3
9 3.6 mencermati isi teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat Kelas 3
10 3.7 mencermati informasi tentang konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dalam teks lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan Kelas 3
11 3.9 mengidentifikasi lambang/simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual Kelas 3
12 3.3 meringkas teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik. Kelas 5
13 3.4 menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik. Kelas 5
14 3.5 menggali informasi penting dari teks narasi sejarah yang disajikan secara lisan dan tulis menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana Kelas 5
15 3.8 menguraikan urutan peristiwa atau tindakan yang terdapat pada teks nonfiksi Kelas 5
16 3.9 mencermati penggunaan kalimat efektif dan ejaan dalam surat undangan (ulang tahun, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll.) Kelas 5
17 3.3 menggali isi teks pidato yang didengar dan dibaca Kelas 6
18 3.7 memperkirakan informasi yang dapat diperoleh dari teks nonfiksi sebelum membaca (hanya berdasarkan membaca judulnya saja) Kelas 6
19 3.8 menggali informasi yang terdapat pada teks nonfiksi Kelas 6
20 3.9 menelusuri tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi Kelas 6
21 3.1 mengaitkan peristiwa yang dialamai tokoh dalam cerita fiksi dengan pengalaman pribadi Kelas 6
Keterampilan (KI 4) Semester II
ID KD Kode KD Deskripsi KD Kelas
1 4.10 menulis teks dengan menggunakan huruf kapital (nama Tuhan, nama agama, nama orang), serta tanda titik dan tanda tanya pada akhir kalimat dengan benar Kelas 2
2 4.5 membacakan teks puisi anak tentang alam dan lingkungan dalam bahasa Indonesia dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri Kelas 2
3 4.6 menyampaikan ungkapan-ungkapan santun (menggunakan kata “maaf”, “tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan Kelas 2
4 4.7 menulis dengan tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan, hari, dan nama diri) serta tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya dengan benar Kelas 2
5 4.8 menceritakan kembali teks dongeng binatang (fabel) yang menggambarkan sikap hidup rukun yang telah dibaca secara nyaring sebagai bentuk ungkapan diri Kelas 2
6 4.9 menirukan kata sapaan dalam dongeng secara lisan dan tulis Kelas 2
7 4.2 menyajikan hasil penggalian informasi tentang konsep sumber dan bentuk energi dalam bentuk tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif Kelas 3
8 4.3 menyajikan hasil penggalian informasi tentang konsep perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam bentuk tulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif Kelas 3
9 4.6 meringkas informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif Kelas 3
10 4.7 menjelaskan konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dalam bentuk tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif Kelas 3
11 4.9 menyajikan hasil identifikasi tentang lambang/simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam bentuk visual dan tulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif Kelas 3
12 4.3 menyajikan ringkasan teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif secara lisan, tulis, dan visual. Kelas 5
13 4.4 memeragakan kembali informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual. Kelas 5
14 4.5 memaparkan informasi penting dari teks narasi sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta kosakata baku dan kalimat efektif Kelas 5
15 4.8 menyajikan kembali peristiwa atau tindakan dengan memperhatikan latar cerita yang terdapat pada teks fiksi Kelas 5
16 4.9 membuat surat undangan (ulang tahun, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll.) dengan kalimat efektif dan memperhati- kan penggunaan ejaan Kelas 5
17 4.3 menyampaikan pidato hasil karya pribadi dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif sebagai bentuk ungkapan diri Kelas 6
18 4.7 menyampaikan kemungkinan informasi yang diperoleh berdasarkan membaca judulteks nonfiksi secara lisan, tulis, dan visual Kelas 6
19 4.8 menyampaikan hasil membandingkan informasi yang diiharapkan dengan informasi yang diperoleh setelah membaca teks nonfiksi secara lisan, tulis, dan visual Kelas 6
20 4.9 menyampaikan penjelasan tentang tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual Kelas 6
21 4.1 menyajikan hasil pengaitan peristiwa yang dialami tokoh dalam cerita fiksi dengan pengalaman pribadi secara lisan, tulisan dan visual Kelas 6
Mata Pelajaran IPA
Pengetahuan (KI 3) Semester II
ID KD Kode KD Deskripsi KD Kelas
1 3.6 menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari. Kelas 5
2 3.7 menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan seharihari Kelas 5
3 3.8 menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup Kelas 5
4 3.9 mengelompokkan materi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan komponen penyusunnya (zat tunggal dan campuran). Kelas 5
5 3.2 menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi Kelas 6
6 3.7 menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya Kelas 6
7 3.8 menjelaskan peristiwa rotasi dan revolusi Bumi serta terjadinya gerhana bulan dan gerhana Matahari Kelas 6
Keterampilan (KI 4) Semester II
ID KD Kode KD Deskripsi KD Kelas
1 4.6 melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor. Kelas 5
2 4.7 melaporkan hasil percobaan pengaruh kalor pada benda Kelas 5
3 4.8 membuat karya tentang skema siklus air berdasarkan informasi dari berbagai sumber Kelas 5
4 4.9 melaporkan hasil pengamatan sifat-sifat campuran dan komponen penyusunnya dalam kehidupan sehari-hari. Kelas 5
5 4.2 menyajikan karya tentang cara menyikapi ciri-ciri pubertas yang dialami Kelas 6
6 4.7 membuat model sistem tata surya Kelas 6
7 4.8 membuat model gerhana bulan dan gerhana Matahari Kelas 6
Mata Pelajaran IPS
Pengetahuan (KI 3) Semester II
ID KD Kode KD Deskripsi KD Kelas
1 3.1 mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi. Kelas 5
2 3.2 menganalisis bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia. Kelas 5
3 3.3 menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia serta hubungannya dengan karakteristik ruang Kelas 5
4 3.4 mengidentifikasi faktor-faktor penting penyebab penjajahan bangsa Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya. Kelas 5
5 3.1 mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN. Kelas 6
6 3.2 menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia Kelas 6
7 3.3 menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN. Kelas 6
8 3.4 memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera Kelas 6
Keterampilan (KI 4) Semester II
ID KD Kode KD Deskripsi KD Kelas
1 4.1 menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi. Kelas 5
2 4.2 menyajikan hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia. Kelas 5
3 4.3 menyajikan hasil analisis tentang peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa Kelas 5
4 4.4 menyajikan hasil identifikasi mengenai faktor-faktor penting penyebab penjajahan bangsa Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya. Kelas 5
5 4.1 menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN Kelas 6
6 4.2 menyajikan hasil analisis mengenai perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia Kelas 6
7 4.3 menyajikan hasil analisis tentang posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN Kelas 6
8 4.4 menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera Kelas 6
Mata Pelajaran SBdP
Pengetahuan (KI 3) Semester II
ID KD Kode KD Deskripsi KD Kelas
1 3.1 mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi Kelas 2
2 3.2 mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak Kelas 2
3 3.3 mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari Kelas 2
4 3.4 mengenal pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya Kelas 2
5 3.1 mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif Kelas 3
6 3.2 mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu Kelas 3
7 3.3 mengetahui dinamika gerak tari Kelas 3
8 3.4 mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung Kelas 3
9 3.1 memahami gambar cerita. Kelas 5
10 3.2 memahami tangga nada. Kelas 5
11 3.3 memahami pola lantai dalam tari kreasi daerah. Kelas 5
12 3.4 memahami karya seni rupa daerah Kelas 5
13 3.1 mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN. Kelas 6
14 3.2 menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia Kelas 6
15 3.3 menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN. Kelas 6
16 3.4 memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera Kelas 6
Keterampilan (KI 4) Semester II
ID KD Kode KD Deskripsi KD Kelas
1 4.1 membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi Kelas 2
2 4.2 menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak Kelas 2
3 4.3 meragakan gerak keseharian dan alam dalam tari Kelas 2
4 4.4 membuat hiasan dari bahan alam dan buatan Kelas 2
5 4.1 membuat karya dekoratif Kelas 3
6 4.2 menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu Kelas 3
7 4.3 meragakan dinamika gerak tari Kelas 3
8 4.4 membuat karya dengan teknik potong, lipat, dan sambung Kelas 3
9 4.1 membuat gambar cerita. Kelas 5
10 4.2 menyanyikan lagu-lagu dalam berbagai tangga nada dengan iringan musik. Kelas 5
11 4.3 mempraktikkan pola lantai pada gerak tari kreasi daerah. Kelas 5
12 4.4 membuat karya seni rupa daerah Kelas 5
13 4.1 menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN Kelas 6
14 4.2 menyajikan hasil analisis mengenai perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia Kelas 6
15 4.3 menyajikan hasil analisis tentang posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN Kelas 6
16 4.4 menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera Kelas 6
Mata Pelajaran Matematika
Pengetahuan (KI 3) Semester II
ID KD Kode KD Deskripsi KD Kelas
1 3.6 menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari Kelas 2
2 3.7 menjelaskan pecahan ½, ⅓, ¼dan menggunakan benda-benda konkret dalam kehidupan sehari-hari Kelas 2
3 3.4 menggeneralisasi ide pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret Kelas 3
4 3.5 menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama Kelas 3
5 3.6 menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung Kelas 3
6 3.8 menjelaskan dan menentukan luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret Kelas 3
7 3.9 menjelaskan simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret Kelas 3
8 3.5 menjelaskan, dan menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga Kelas 5
9 3.6 menjelaskan dan menemukan jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok) Kelas 5
10 3.7 menjelaskan data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya Kelas 5
11 3.8 menjelaskan penyajian data yang berkaitan dengan diri peserta didik dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar (piktogram), diagram batang, atau diagram garis Kelas 5
12 3.6 membandingkan prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola. Kelas 6
13 3.7 menjelaskan bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan dan volumenya. Kelas 6
14 3.8. menjelaskan dan membandingkan modus, median, dan mean dari data tunggal untuk menentukan nilai mana yang paling tepat mewakili data Kelas 6
Keterampilan (KI 4) Semester II
ID KD Kode KD Deskripsi KD Kelas
1 4.6 melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari Kelas 2
2 4.7 menyajikan pecahan ½, ⅓, ¼dan yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret dalam kehidupan sehari-hari Kelas 2
3 4.4 menyajikan pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret Kelas 3
4 4.5 menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama Kelas 3
5 4.6 menyelesaikan masalah yang berkaitan lama waktu suatu kejadian berlangsung Kelas 3
6 4.8 menyelesaikan masalah luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret Kelas 3
7 4.9 mengidentifikasi simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret Kelas 3
8 4.5 menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) melibatkan pangkat tiga dan akar pangkat tiga Kelas 5
9 4.6 membuat jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok) Kelas 5
10 4.7 menganalisis data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya Kelas 5
11 4.8 mengorganisasikan dan menyajikan data yang berkaitan dengan diri peserta didik dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar (piktogram), diagram batang, atau diagram garis Kelas 5
12 4.6 mengidentifikasi prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola. Kelas 6
13 4.7 mengidentifikasi bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan dan volumenya. Kelas 6
14 4.8. menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan modus, median, dan mean dari data tunggal dalam penyelesaian masalah Kelas 6
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Pengetahuan (KI 3) Semester II
ID KD Kode KD Deskripsi KD Kelas
1 3.11 memahami kisah keteladanan Nabi Saleh a.s. Kelas 2
2 3.3 Memahami hadis yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu. Kelas 2
3 3.2 memahami pesan- pesan pokok Q.S.an-Nas dan Q.S. al-‘Asr Kelas 2
4 3.12 memahami kisah keteladanan Nabi Luţ a.s Kelas 2
5 3.5 memahami makna Asmau al-Husna: al-Quddus, as- Salam, dan al- Khaliq Kelas 2
6 3.14 memahami kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s. Kelas 2
7 3.7 memahami makna perilaku kasih sayang kepada sesama Kelas 2
8 3.10 memahami tata cara salat dan bacaannya Kelas 2
9 3.13 memahami kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s. Kelas 2
10 3.5 memahami makna Asmau al-Husna: al-Quddus, as- Salam, dan al- Khaliq Kelas 2
11 3.5 memahami perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan. Kelas 3
12 3.1 memahami makna Q.S. an-Nasr dan al-Kausar. Kelas 3
13 3.4 memahami makna Asmaul Husna: al-Wahhab, al-‘Alim, dan as-Sami‘. Kelas 3
14 3.7 memahami sikap bersyukur. Kelas 3
15 3.9 memahami maknazikir dan doa setelah salat Kelas 3
16 3.13 memahami kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. Kelas 3
17 3.1 memahami makna Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma’un dengan benar Kelas 5
18 3.3 memahami nama- nama Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi. Kelas 5
19 3.8 memahami makna sederhana dalam kehidupan sehari- hari Kelas 5
20 3.9 memahami makna Ikhlas beramal dalam kehidupan sehari-hari Kelas 5
21 3.11 memahami pelaksanaan salat tarawih dan tadarus al-Qur’ān Kelas 5
22 3.17 memahami kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam al- Qur’ān Kelas 5
23 3.1 Memahami makna Q.S. al-Kafirun,al-Maidah/5:2-3 dan alHujurat/49:12-13 dengan benar. Kelas 6
24 3.4 Memahami hikmah beriman kepada qada dan qadar yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia. Kelas 6
25 3.6 Memahami sikap toleran dan simpatik terhadap sesama sebagai wujuddari pemahaman Q.S. al-Kafirun. Kelas 6
26 3.8 Memahami kisah keteladanan Nabi Yunus a.s. Kelas 6
27 3.9 Memahami kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s. Kelas 6
28 3.10 Memahami kisah keteladanan Nabi Yahya a.s. Kelas 6
29 3.11 Memahami kisah keteladanan Nabi Isa a.s Kelas 6
30 3.14 Memahami kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an. Kelas 6
31 3.7 Memahami hikmah zakat, infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun Islam. Kelas 6
Keterampilan (KI 4) Semester II
ID KD Kode KD Deskripsi KD Kelas
1 4.11 menceritakan kisah keteladanan Nabi Saleh a.s. Kelas 2
2 4.3 Menunjukkan contoh perilaku rajinbelajar sebagai implementasi daripemahaman makna hadis yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu. Kelas 2
3 4.2.1 melafalkan Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr dengan benar dan jelas Kelas 2
4 4.2.2 menunjukkan hafalanQ.S. an- Nas dan Q.S. al-‘Asr dengan benar dan jelas Kelas 2
5 4.12 menceritakan kisah keteladanan Nabi Luţ a.s. Kelas 2
6 4.50 melafalkan Asmau al-Husna: al- Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq Kelas 2
7 4.14 menceritakan kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s. Kelas 2
8 4.7 mencontohkan perilaku kasih sayang kepada sesam Kelas 2
9 4.10 mempraktikkan salat dengan tata cara dan bacaan yang benar Kelas 2
10 4.13 menceritakan kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s. Kelas 2
11 4.5 melafalkan Asmau al-Husna: al- Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq Kelas 2
12 4.5 mencontohkan perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan Kelas 3
13 4.1.1 membaca kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan al-Kausar dengan benar. Kelas 3
14 4.1.2 menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan al-Kausar dengan benar. Kelas 3
15 4.1.3 menghafal Q.S. an-Nasr dan al-Kausar dengan lancar. Kelas 3
16 4.4 membaca Asmaul Husna: al-Wahhab,al-‘Alim, dan as-Sami‘ dengan jelas dan benar. Kelas 3
17 4.70 mencontohkan sikap bersyukur. Kelas 3
18 4.9 mempraktikkan tata cara zikir dan doa setelah salat secara benar Kelas 3
19 4.13 menceritakan kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. Kelas 3
20 4.1.1 membaca Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma’un dengan baik dan benar Kelas 5
21 4.1.2 menulis kalimat- kalimat dalam Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma’un dengan baik dan benar Kelas 5
22 4.1.3 menunjukkan hafalanQ.S. at- Tin dan Q.S. al- Ma’un dengan baik dan benar Kelas 5
23 4.3 menghafal nama- nama Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi Kelas 5
24 4.8 mencontohkan sikap sederhana dalam kehidupan sehari-hari Kelas 5
25 4.9 mencontohkan sikap Ikhlas beramal dalam kehidupan sehari- hari Kelas 5
26 4.11 mempraktikkan tatacara salat tarawih dan tadarus al-Qur’ān Kelas 5
27 4.17 menceritakan kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam al- Qur’ān Kelas 5
28 4.1.1 Membaca Q.S. al-Kafirun,al-Maidah / 5:2-3 dan al-Hujurat / 49:12-13 dengan jelas dan benar. Kelas 6
29 4.1.2 Menulis Q.S. al-Kafirun, al-Maidah / 5:2-3 dan al-Hujurat/ 49:12-13 dengan benar. Kelas 6
30 4.1.1 Membaca Q.S. al-Kafirun,al-Maidah / 5:2-3 dan al-Hujurat / 49:12-13 dengan jelas dan benar. Kelas 6
31 4.1.2 Menulis Q.S. al-Kafirun, al-Maidah / 5:2-3 dan al-Hujurat/ 49:12-13 dengan benar. Kelas 6
32 4.1.3 Menghafal Q.S. al-Kafirun, al-Maidah/ 5:2-3 dan al-Hujurat/ 49:12-13 dengan benar. Kelas 6
33 4.4 Menunjukkan hikmah beriman kepada qada dan qadar yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia. Kelas 6
34 4.6 Menunjukkan contoh sikap toleran dan simpatik terhadap sesame sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kafirun. Kelas 6
35 4.7 Menunjukkan hikmah zakat, infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun Islam. Kelas 6
36 4.8 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yunus a.s. Kelas 6
37 4.9 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s. Kelas 6
38 4.10 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yahya a.s. . Kelas 6
39 4.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Isa a.s . Kelas 6
40 4.14 Menceritakan kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an. Kelas 6
Mata Pelajaran PJOK
Pengetahuan (KI 3) Semester II
ID KD Kode KD Deskripsi KD Kelas
1 3.5 memahami variasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai Kelas 2
2 3.6 memahami penggunaan variasi gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama Kelas 2
3 3.7 memahami prosedur penggunaan gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam bentuk permainan, dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air Kelas 2
4 3.9 memahami cara menjaga kebersihan lingkungan (tempat tidur, rumah, kelas, lingkungan sekolah, dan lain-lain) Kelas 2
5 3.4 Memahami bergerak secara seimbang, lentur, lincah, dan berdaya tahan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional Kelas 3
6 3.5 Memahami kombinasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai Kelas 3
7 3.6 Memahami penggunaan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama Kelas 3
8 3.7 Memahami prosedur gerak dasar mengambang (water trappen) dan meluncur di air serta menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air*** Kelas 3
9 3.5 memahami konsep aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani. Kelas 5
10 3.11 memahami bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh. Kelas 5
11 3.6 memahami konsep kombinasi pola gerak dominan statis dan dinamis (melompat, menggantung, mengayun,meniti, mendarat) untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam menggunakan alat. Kelas 5
12 3.4 memahami variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri. Kelas 5
13 3.7 memahami konsep kombinasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan bertema budaya daerah dan nasional mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik Kelas 5
14 3.10 memahami cara menjaga diri dari berbagai tindakan/ perilaku tidak senonoh Kelas 5
15 3.1 memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar. Kelas 6
16 3.6 memahami konsep rangkaian tiga gerak dasar senam lantai dengan konsisten, tepat, dan kontrol yang baik dalam aktivitas senam Kelas 6
17 3.9 memahami konsep pemeliharaan diri dari penyakit menular dan tidak menular. Kelas 6
Keterampilan (KI 4) Semester II
ID KD Kode KD Deskripsi KD Kelas
1 4.5 mempraktikkan variasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai Kelas 2
2 4.6 mempraktikkan penggunaan variasi gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama Kelas 2
3 4.7 mempraktikkan penggunaan gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam bentuk permainan, dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air Kelas 2
4 4.9 menceritakan cara menjaga kebersihan lingkungan (tempat tidur, rumah, kelas, lingkungan sekolah) Kelas 2
5 4.4 Mempraktikkan bergerak secara seimbang, lentur, lincah, dan berdaya tahan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional Kelas 3
6 4.5 Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai Kelas 3
7 4.6 Mempraktikkan penggunaan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama(ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama Kelas 3
8 4.7 Mempraktikkan gerak dasar mengambang (water trappen) dan meluncur di air serta menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air*** Kelas 3
9 4.5 mempraktikkan aktivitas jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani. Kelas 5
10 4.11 menceritakan bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh. Kelas 5
11 4.6 mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan statis dan dinamis (melompat, menggantung, mengayun, meniti, mendarat) untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam menggunakan alat. Kelas 5
12 4.4 mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri. Kelas 5
13 4.7 mempraktikkan kombinasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan bertema budaya daerah dan nasional mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik. Kelas 5
14 4.10 menceritakan cara menjaga diri dari berbagai tindakan/ perilaku tidak senonoh Kelas 5
15 4.1 mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor,dan manipulatif dengan kontrol yang baikdalam berbagai permainan dan atauolahraga tradisional bola besar. Kelas 6
16 4.6 mempraktikkan rangkaian tiga gerak dasar senam lantai dengan konsisten, tepat, dan kontrol yang baik dalam aktivitas senam Kelas 6
17 4.9 menyajikan konsep pemeliharaan diri dari penyakit menular dan tidak menular. Kelas 6
Mata Pelajaran Bahasa Jawa
Pengetahuan (KI 3) Semester II
ID KD Kode KD Deskripsi KD Kelas
1 3.1 mendengarkan, memahami, dan mengidentifikasi bunyi bahasa daerah yang didengar dengan tepat Kelas 2
2 3.2 mendengarkan, memahami, dan mengidentifikasi huruf lepas untuk menulis kata dan kalimat sederhana sesuai dengan kaidah Kelas 2
3 3.3 mengamati , mengenal, memahami ,dan mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara lisanndan tulis Kelas 2
4 3.4 mengenal , memahami , dan mengidentifikasi teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan bermain di lingkungan ruah atau sekolah Kelas 2
5 3.5 mengenal, memahami, mengidentifikasi teks terima kasih, permintaan maaf, dan sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman secara lisan dan tulis Kelas 2
6 3.6 mengenal, memahami, dan mengidentifikasi teks cerita diri tentang keluarga dengan bantuan guru atau teman secara lisan dan tulis Kelas 2
7 3.7 mengenal dan memahami teks tembang dolanan/ laghu en-maenan Kelas 2
8 3.1 mendengarkan, memahami, dan mengidentifikasi bunyi bahasa daerah yang didengar dengan tepat Kelas 3
9 3.2 mendengarkan, memahami, dan mengidentifikasi huruf lepas untuk menulis kata dan kalimat sederhana sesuai dengan kaidah Kelas 3
10 3.3 mengamati , mengenal, memahami ,dan mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara lisanndan tulis Kelas 3
11 3.4 mengenal , memahami , dan mengidentifikasi teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan bermain di lingkungan ruah atau sekolah Kelas 3
12 3.5 mengenal, memahami, mengidentifikasi teks terima kasih, permintaan maaf, dan sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman secara lisan dan tulis Kelas 3
13 3.6 mengenal, memahami, dan mengidentifikasi teks cerita diri tentang keluarga dengan bantuan guru atau teman secara lisan dan tulis Kelas 3
14 3.7 mengenal dan memahami teks tembang dolanan/ laghu en-maenan Kelas 3
15 3.5 mengenal, memahami, dan mengidentifikasi teks narasi atau deskripsi Kelas 5
16 3.6 mengenal, memahami, dan mengidentifikasi berbagai ragam gaya bahasa dalam Kelas 5
17 3.7 mengenal, memahami, dan mengidentifikasi teks cerita pewayangan Kelas 5
18 3.8 mengenal, memahami, dan mengidentifikasi pasangan aksara Jawa sesuai dengan kaidah Kelas 5
19 3.1 mengenal, memahami, dan mengidentifikasi teks informasi yang diperoleh dari berbagai media berbahasa daerah secara lisan/tertulis. Kelas 6
20 3.2   mengenal, memahami, dan mengidentifikasi teks tembang macapat sesuai dengan kaidah. Kelas 6
21 3.3  mengenal, memahami, dan mengidentifikasi teks lisan dan tulis berbahasa daerah yang memuat ungkapan tradisional (paribasan, bebasan, saloka). Kelas 6
22 3.4    mengenal, memahami, dan mengidentifikasi teks lisan dan tulis berbahasa daerah yang memuat cangkriman/ bhâk-tebbhâghân Kelas 6
23 3.5 mengenal, memahami, dan mengidentifikasi teks pidato, bercerita, dan lainnya sesuai dengan kaidah Kelas 6
Keterampilan (KI 4) Semester II
ID KD Kode KD Deskripsi KD Kelas
1 4.1 melafalkan bunyi bahasa daerah yang didengar dengan tepat Kelas 2
2 4.2 menebalkan dan menyalin huruf lepas pada kata dan kalimat sederhana menjadi kata atau kalimat dengan tulisan tegak bersambung sesuai kaidah Kelas 2
3 4.3 menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar , hewan,dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru, secara lisan dan tulis Kelas 2
4 4.4 memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan bermain di lingkungan rumah atau sekolah Kelas 2
5 4.5 mengungkapkan teks buku harian sederhana tentang kegiatan diri sendiri atau anggota keluarga secara lisan dan tulis Kelas 2
6 4.6 memperagakan teks permintaan maaf dan sikap hidup rukun di lingungan keluarga dan teman secara lisa dan tulis Kelas 2
7 4.7 melagukan tembang dolanan /laghu enmaenan Kelas 2
8 4.1 melafalkan bunyi bahasa daerah yang didengar dengan tepat Kelas 3
9 4.2 menebalkan dan menyalin huruf lepas pada kata dan kalimat sederhana menjadi kata atau kalimat dengan tulisan tegak bersambung sesuai kaidah Kelas 3
10 4.3 menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar , hewan,dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru, secara lisan dan tulis Kelas 3
11 4.4 memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan bermain di lingkungan rumah atau sekolah Kelas 3
12 4.5 mengungkapkan teks buku harian sederhana tentang kegiatan diri sendiri atau anggota keluarga secara lisan dan tulis Kelas 3
13 4.6 memperagakan teks permintaan maaf dan sikap hidup rukun di lingungan keluarga dan teman secara lisa dan tulis Kelas 3
14 4.7 melagukan tembang dolanan /laghu enmaenan Kelas 3
15 4.5 membaca teks narasi atau deskripsi dengan teknik membaca nyaring. Kelas 5
16 4.6 menulis teks dengan basa rinengga sesuai dengan kaidah dan konteksnya Kelas 5
17 4.7 menceritakan kembali cerita wayang secara lisan dan tulis Kelas 5
18 4.8 Menulis dan membaca teks sederhana beraksara Jawa yang menggunakan pasangan Kelas 5
19 4.1 menyampaikan dan menanggapi informasi yang diperoleh dari berbagai media berbahasa daerah secara lisan/tertulis. Kelas 6
20 4.2 menceritakan isi tembang macapat. Kelas 6
21 4.3 menanggapi teks lisan maupun tulis yang memuat ungkapan tradisional Jawa/ Madura (paribasan, bebasan, saloka). Kelas 6
22 4.4 mermain tebakan dengan cangkriman/ bhâk-tebbhâghân. Kelas 6
23 4.5   menulis dan memperagakan teks pidato, bercerita, dan lainnya sesuai dengan kaidah. Kelas 6