ID KD | Kode KD | Deskripsi KD | Kelas |
---|---|---|---|
1 | 3.1 | mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” | Kelas 2 |
2 | 3.2 | mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah | Kelas 2 |
3 | 3.3 | mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah | Kelas 2 |
4 | 3.4 | memahami makna bersatu dalam keberagaman di sekolah | Kelas 2 |
5 | 3.1 | memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila” | Kelas 3 |
6 | 3.2 | mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah | Kelas 3 |
7 | 3.3 | menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar | Kelas 3 |
8 | 3.4 | memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar | Kelas 3 |
9 | 3.2 | memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari. | Kelas 5 |
10 | 3.3 | menelaah keberagaman sosial budaya masyarakat | Kelas 5 |
11 | 3.4 | menggali manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup. | Kelas 5 |
12 | 3.1 | menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari | Kelas 6 |
13 | 3.2 | menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari | Kelas 6 |
14 | 3.4 | menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya. | Kelas 6 |
ID KD | Kode KD | Deskripsi KD | Kelas |
---|---|---|---|
1 | 4.1 | menjelaskan hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila | Kelas 2 |
2 | 4.2 | menceritakan kegiatan sesuai aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah | Kelas 2 |
3 | 4.3 | mengelompokkan jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah | Kelas 2 |
4 | 4.4 | menceritakan pengalaman melakukan kegiatan yang mencerminkan persatuan dalam keberagaman di sekolah | Kelas 2 |
5 | 4.1 | menceritakan arti gambar pada lambang negara | Kelas 3 |
6 | 4.2 | menyajikan hasil identifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah | Kelas 3 |
7 | 4.3 | menyajikan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar | Kelas 3 |
8 | 4.4 | menyajikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar | Kelas 3 |
9 | 4.2 | menjelaskan hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. | Kelas 5 |
10 | 4.3 | menyelenggarakan kegiatan yang mendukung keberagaman sosial budaya masyarakat | Kelas 5 |
11 | 4.4 | menyajikan hasil penggalian tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan. | Kelas 5 |
12 | 4.1 | menyajikan hasil analisis pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari | Kelas 6 |
13 | 4.2 | menyajikan hasil analisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari | Kelas 6 |
14 | 4.4 | menyajikan hasil telaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya. | Kelas 6 |
ID KD | Kode KD | Deskripsi KD | Kelas |
---|---|---|---|
1 | 3.10 | mencermati penggunaan huruf kapital (nama Tuhan, nama orang, nama agama), serta tanda titik dan tanda tanya dalam kalimat yang benar | Kelas 2 |
2 | 3.5 | mencermati puisi anak dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis dan lisan | Kelas 2 |
3 | 3.6 | mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia | Kelas 2 |
4 | 3.7 | mencermati tulisan tegak bersambung dalam cerita dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan dan hari, nama orang) serta mengenal tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya | Kelas 2 |
5 | 3.8 | menggali informasi dari dongeng binatang (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan | Kelas 2 |
6 | 3.9 | menentukan kata sapaan dalam dongeng secara lisan dan tulis | Kelas 2 |
7 | 3.2 | menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan | Kelas 3 |
8 | 3.3 | menggali informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan | Kelas 3 |
9 | 3.6 | mencermati isi teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat | Kelas 3 |
10 | 3.7 | mencermati informasi tentang konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dalam teks lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan | Kelas 3 |
11 | 3.9 | mengidentifikasi lambang/simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual | Kelas 3 |
12 | 3.3 | meringkas teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik. | Kelas 5 |
13 | 3.4 | menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik. | Kelas 5 |
14 | 3.5 | menggali informasi penting dari teks narasi sejarah yang disajikan secara lisan dan tulis menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana | Kelas 5 |
15 | 3.8 | menguraikan urutan peristiwa atau tindakan yang terdapat pada teks nonfiksi | Kelas 5 |
16 | 3.9 | mencermati penggunaan kalimat efektif dan ejaan dalam surat undangan (ulang tahun, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll.) | Kelas 5 |
17 | 3.3 | menggali isi teks pidato yang didengar dan dibaca | Kelas 6 |
18 | 3.7 | memperkirakan informasi yang dapat diperoleh dari teks nonfiksi sebelum membaca (hanya berdasarkan membaca judulnya saja) | Kelas 6 |
19 | 3.8 | menggali informasi yang terdapat pada teks nonfiksi | Kelas 6 |
20 | 3.9 | menelusuri tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi | Kelas 6 |
21 | 3.1 | mengaitkan peristiwa yang dialamai tokoh dalam cerita fiksi dengan pengalaman pribadi | Kelas 6 |
ID KD | Kode KD | Deskripsi KD | Kelas |
---|---|---|---|
1 | 4.10 | menulis teks dengan menggunakan huruf kapital (nama Tuhan, nama agama, nama orang), serta tanda titik dan tanda tanya pada akhir kalimat dengan benar | Kelas 2 |
2 | 4.5 | membacakan teks puisi anak tentang alam dan lingkungan dalam bahasa Indonesia dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri | Kelas 2 |
3 | 4.6 | menyampaikan ungkapan-ungkapan santun (menggunakan kata “maaf”, “tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan | Kelas 2 |
4 | 4.7 | menulis dengan tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan, hari, dan nama diri) serta tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya dengan benar | Kelas 2 |
5 | 4.8 | menceritakan kembali teks dongeng binatang (fabel) yang menggambarkan sikap hidup rukun yang telah dibaca secara nyaring sebagai bentuk ungkapan diri | Kelas 2 |
6 | 4.9 | menirukan kata sapaan dalam dongeng secara lisan dan tulis | Kelas 2 |
7 | 4.2 | menyajikan hasil penggalian informasi tentang konsep sumber dan bentuk energi dalam bentuk tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif | Kelas 3 |
8 | 4.3 | menyajikan hasil penggalian informasi tentang konsep perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam bentuk tulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif | Kelas 3 |
9 | 4.6 | meringkas informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif | Kelas 3 |
10 | 4.7 | menjelaskan konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dalam bentuk tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif | Kelas 3 |
11 | 4.9 | menyajikan hasil identifikasi tentang lambang/simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam bentuk visual dan tulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif | Kelas 3 |
12 | 4.3 | menyajikan ringkasan teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif secara lisan, tulis, dan visual. | Kelas 5 |
13 | 4.4 | memeragakan kembali informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual. | Kelas 5 |
14 | 4.5 | memaparkan informasi penting dari teks narasi sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta kosakata baku dan kalimat efektif | Kelas 5 |
15 | 4.8 | menyajikan kembali peristiwa atau tindakan dengan memperhatikan latar cerita yang terdapat pada teks fiksi | Kelas 5 |
16 | 4.9 | membuat surat undangan (ulang tahun, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll.) dengan kalimat efektif dan memperhati- kan penggunaan ejaan | Kelas 5 |
17 | 4.3 | menyampaikan pidato hasil karya pribadi dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif sebagai bentuk ungkapan diri | Kelas 6 |
18 | 4.7 | menyampaikan kemungkinan informasi yang diperoleh berdasarkan membaca judulteks nonfiksi secara lisan, tulis, dan visual | Kelas 6 |
19 | 4.8 | menyampaikan hasil membandingkan informasi yang diiharapkan dengan informasi yang diperoleh setelah membaca teks nonfiksi secara lisan, tulis, dan visual | Kelas 6 |
20 | 4.9 | menyampaikan penjelasan tentang tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual | Kelas 6 |
21 | 4.1 | menyajikan hasil pengaitan peristiwa yang dialami tokoh dalam cerita fiksi dengan pengalaman pribadi secara lisan, tulisan dan visual | Kelas 6 |
ID KD | Kode KD | Deskripsi KD | Kelas |
---|---|---|---|
1 | 3.6 | menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari. | Kelas 5 |
2 | 3.7 | menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan seharihari | Kelas 5 |
3 | 3.8 | menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup | Kelas 5 |
4 | 3.9 | mengelompokkan materi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan komponen penyusunnya (zat tunggal dan campuran). | Kelas 5 |
5 | 3.2 | menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi | Kelas 6 |
6 | 3.7 | menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya | Kelas 6 |
7 | 3.8 | menjelaskan peristiwa rotasi dan revolusi Bumi serta terjadinya gerhana bulan dan gerhana Matahari | Kelas 6 |
ID KD | Kode KD | Deskripsi KD | Kelas |
---|---|---|---|
1 | 4.6 | melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor. | Kelas 5 |
2 | 4.7 | melaporkan hasil percobaan pengaruh kalor pada benda | Kelas 5 |
3 | 4.8 | membuat karya tentang skema siklus air berdasarkan informasi dari berbagai sumber | Kelas 5 |
4 | 4.9 | melaporkan hasil pengamatan sifat-sifat campuran dan komponen penyusunnya dalam kehidupan sehari-hari. | Kelas 5 |
5 | 4.2 | menyajikan karya tentang cara menyikapi ciri-ciri pubertas yang dialami | Kelas 6 |
6 | 4.7 | membuat model sistem tata surya | Kelas 6 |
7 | 4.8 | membuat model gerhana bulan dan gerhana Matahari | Kelas 6 |
ID KD | Kode KD | Deskripsi KD | Kelas |
---|---|---|---|
1 | 3.1 | mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi. | Kelas 5 |
2 | 3.2 | menganalisis bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia. | Kelas 5 |
3 | 3.3 | menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia serta hubungannya dengan karakteristik ruang | Kelas 5 |
4 | 3.4 | mengidentifikasi faktor-faktor penting penyebab penjajahan bangsa Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya. | Kelas 5 |
5 | 3.1 | mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN. | Kelas 6 |
6 | 3.2 | menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia | Kelas 6 |
7 | 3.3 | menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN. | Kelas 6 |
8 | 3.4 | memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera | Kelas 6 |
ID KD | Kode KD | Deskripsi KD | Kelas |
---|---|---|---|
1 | 4.1 | menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi. | Kelas 5 |
2 | 4.2 | menyajikan hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia. | Kelas 5 |
3 | 4.3 | menyajikan hasil analisis tentang peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa | Kelas 5 |
4 | 4.4 | menyajikan hasil identifikasi mengenai faktor-faktor penting penyebab penjajahan bangsa Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya. | Kelas 5 |
5 | 4.1 | menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN | Kelas 6 |
6 | 4.2 | menyajikan hasil analisis mengenai perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia | Kelas 6 |
7 | 4.3 | menyajikan hasil analisis tentang posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN | Kelas 6 |
8 | 4.4 | menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera | Kelas 6 |
ID KD | Kode KD | Deskripsi KD | Kelas |
---|---|---|---|
1 | 3.1 | mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi | Kelas 2 |
2 | 3.2 | mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak | Kelas 2 |
3 | 3.3 | mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari | Kelas 2 |
4 | 3.4 | mengenal pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya | Kelas 2 |
5 | 3.1 | mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif | Kelas 3 |
6 | 3.2 | mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu | Kelas 3 |
7 | 3.3 | mengetahui dinamika gerak tari | Kelas 3 |
8 | 3.4 | mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung | Kelas 3 |
9 | 3.1 | memahami gambar cerita. | Kelas 5 |
10 | 3.2 | memahami tangga nada. | Kelas 5 |
11 | 3.3 | memahami pola lantai dalam tari kreasi daerah. | Kelas 5 |
12 | 3.4 | memahami karya seni rupa daerah | Kelas 5 |
13 | 3.1 | mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN. | Kelas 6 |
14 | 3.2 | menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia | Kelas 6 |
15 | 3.3 | menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN. | Kelas 6 |
16 | 3.4 | memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera | Kelas 6 |
ID KD | Kode KD | Deskripsi KD | Kelas |
---|---|---|---|
1 | 4.1 | membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi | Kelas 2 |
2 | 4.2 | menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak | Kelas 2 |
3 | 4.3 | meragakan gerak keseharian dan alam dalam tari | Kelas 2 |
4 | 4.4 | membuat hiasan dari bahan alam dan buatan | Kelas 2 |
5 | 4.1 | membuat karya dekoratif | Kelas 3 |
6 | 4.2 | menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu | Kelas 3 |
7 | 4.3 | meragakan dinamika gerak tari | Kelas 3 |
8 | 4.4 | membuat karya dengan teknik potong, lipat, dan sambung | Kelas 3 |
9 | 4.1 | membuat gambar cerita. | Kelas 5 |
10 | 4.2 | menyanyikan lagu-lagu dalam berbagai tangga nada dengan iringan musik. | Kelas 5 |
11 | 4.3 | mempraktikkan pola lantai pada gerak tari kreasi daerah. | Kelas 5 |
12 | 4.4 | membuat karya seni rupa daerah | Kelas 5 |
13 | 4.1 | menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN | Kelas 6 |
14 | 4.2 | menyajikan hasil analisis mengenai perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia | Kelas 6 |
15 | 4.3 | menyajikan hasil analisis tentang posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN | Kelas 6 |
16 | 4.4 | menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera | Kelas 6 |
ID KD | Kode KD | Deskripsi KD | Kelas |
---|---|---|---|
1 | 3.6 | menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari | Kelas 2 |
2 | 3.7 | menjelaskan pecahan ½, ⅓, ¼dan menggunakan benda-benda konkret dalam kehidupan sehari-hari | Kelas 2 |
3 | 3.4 | menggeneralisasi ide pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret | Kelas 3 |
4 | 3.5 | menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama | Kelas 3 |
5 | 3.6 | menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung | Kelas 3 |
6 | 3.8 | menjelaskan dan menentukan luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret | Kelas 3 |
7 | 3.9 | menjelaskan simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret | Kelas 3 |
8 | 3.5 | menjelaskan, dan menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga | Kelas 5 |
9 | 3.6 | menjelaskan dan menemukan jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok) | Kelas 5 |
10 | 3.7 | menjelaskan data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya | Kelas 5 |
11 | 3.8 | menjelaskan penyajian data yang berkaitan dengan diri peserta didik dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar (piktogram), diagram batang, atau diagram garis | Kelas 5 |
12 | 3.6 | membandingkan prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola. | Kelas 6 |
13 | 3.7 | menjelaskan bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan dan volumenya. | Kelas 6 |
14 | 3.8. | menjelaskan dan membandingkan modus, median, dan mean dari data tunggal untuk menentukan nilai mana yang paling tepat mewakili data | Kelas 6 |
ID KD | Kode KD | Deskripsi KD | Kelas |
---|---|---|---|
1 | 4.6 | melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari | Kelas 2 |
2 | 4.7 | menyajikan pecahan ½, ⅓, ¼dan yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret dalam kehidupan sehari-hari | Kelas 2 |
3 | 4.4 | menyajikan pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret | Kelas 3 |
4 | 4.5 | menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama | Kelas 3 |
5 | 4.6 | menyelesaikan masalah yang berkaitan lama waktu suatu kejadian berlangsung | Kelas 3 |
6 | 4.8 | menyelesaikan masalah luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret | Kelas 3 |
7 | 4.9 | mengidentifikasi simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret | Kelas 3 |
8 | 4.5 | menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) melibatkan pangkat tiga dan akar pangkat tiga | Kelas 5 |
9 | 4.6 | membuat jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok) | Kelas 5 |
10 | 4.7 | menganalisis data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya | Kelas 5 |
11 | 4.8 | mengorganisasikan dan menyajikan data yang berkaitan dengan diri peserta didik dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar (piktogram), diagram batang, atau diagram garis | Kelas 5 |
12 | 4.6 | mengidentifikasi prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola. | Kelas 6 |
13 | 4.7 | mengidentifikasi bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan dan volumenya. | Kelas 6 |
14 | 4.8. | menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan modus, median, dan mean dari data tunggal dalam penyelesaian masalah | Kelas 6 |
ID KD | Kode KD | Deskripsi KD | Kelas |
---|---|---|---|
1 | 3.11 | memahami kisah keteladanan Nabi Saleh a.s. | Kelas 2 |
2 | 3.3 | Memahami hadis yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu. | Kelas 2 |
3 | 3.2 | memahami pesan- pesan pokok Q.S.an-Nas dan Q.S. al-‘Asr | Kelas 2 |
4 | 3.12 | memahami kisah keteladanan Nabi Luţ a.s | Kelas 2 |
5 | 3.5 | memahami makna Asmau al-Husna: al-Quddus, as- Salam, dan al- Khaliq | Kelas 2 |
6 | 3.14 | memahami kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s. | Kelas 2 |
7 | 3.7 | memahami makna perilaku kasih sayang kepada sesama | Kelas 2 |
8 | 3.10 | memahami tata cara salat dan bacaannya | Kelas 2 |
9 | 3.13 | memahami kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s. | Kelas 2 |
10 | 3.5 | memahami makna Asmau al-Husna: al-Quddus, as- Salam, dan al- Khaliq | Kelas 2 |
11 | 3.5 | memahami perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan. | Kelas 3 |
12 | 3.1 | memahami makna Q.S. an-Nasr dan al-Kausar. | Kelas 3 |
13 | 3.4 | memahami makna Asmaul Husna: al-Wahhab, al-‘Alim, dan as-Sami‘. | Kelas 3 |
14 | 3.7 | memahami sikap bersyukur. | Kelas 3 |
15 | 3.9 | memahami maknazikir dan doa setelah salat | Kelas 3 |
16 | 3.13 | memahami kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. | Kelas 3 |
17 | 3.1 | memahami makna Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma’un dengan benar | Kelas 5 |
18 | 3.3 | memahami nama- nama Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi. | Kelas 5 |
19 | 3.8 | memahami makna sederhana dalam kehidupan sehari- hari | Kelas 5 |
20 | 3.9 | memahami makna Ikhlas beramal dalam kehidupan sehari-hari | Kelas 5 |
21 | 3.11 | memahami pelaksanaan salat tarawih dan tadarus al-Qur’ān | Kelas 5 |
22 | 3.17 | memahami kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam al- Qur’ān | Kelas 5 |
23 | 3.1 | Memahami makna Q.S. al-Kafirun,al-Maidah/5:2-3 dan alHujurat/49:12-13 dengan benar. | Kelas 6 |
24 | 3.4 | Memahami hikmah beriman kepada qada dan qadar yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia. | Kelas 6 |
25 | 3.6 | Memahami sikap toleran dan simpatik terhadap sesama sebagai wujuddari pemahaman Q.S. al-Kafirun. | Kelas 6 |
26 | 3.8 | Memahami kisah keteladanan Nabi Yunus a.s. | Kelas 6 |
27 | 3.9 | Memahami kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s. | Kelas 6 |
28 | 3.10 | Memahami kisah keteladanan Nabi Yahya a.s. | Kelas 6 |
29 | 3.11 | Memahami kisah keteladanan Nabi Isa a.s | Kelas 6 |
30 | 3.14 | Memahami kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an. | Kelas 6 |
31 | 3.7 | Memahami hikmah zakat, infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun Islam. | Kelas 6 |
ID KD | Kode KD | Deskripsi KD | Kelas |
---|---|---|---|
1 | 4.11 | menceritakan kisah keteladanan Nabi Saleh a.s. | Kelas 2 |
2 | 4.3 | Menunjukkan contoh perilaku rajinbelajar sebagai implementasi daripemahaman makna hadis yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu. | Kelas 2 |
3 | 4.2.1 | melafalkan Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr dengan benar dan jelas | Kelas 2 |
4 | 4.2.2 | menunjukkan hafalanQ.S. an- Nas dan Q.S. al-‘Asr dengan benar dan jelas | Kelas 2 |
5 | 4.12 | menceritakan kisah keteladanan Nabi Luţ a.s. | Kelas 2 |
6 | 4.50 | melafalkan Asmau al-Husna: al- Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq | Kelas 2 |
7 | 4.14 | menceritakan kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s. | Kelas 2 |
8 | 4.7 | mencontohkan perilaku kasih sayang kepada sesam | Kelas 2 |
9 | 4.10 | mempraktikkan salat dengan tata cara dan bacaan yang benar | Kelas 2 |
10 | 4.13 | menceritakan kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s. | Kelas 2 |
11 | 4.5 | melafalkan Asmau al-Husna: al- Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq | Kelas 2 |
12 | 4.5 | mencontohkan perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan | Kelas 3 |
13 | 4.1.1 | membaca kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan al-Kausar dengan benar. | Kelas 3 |
14 | 4.1.2 | menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan al-Kausar dengan benar. | Kelas 3 |
15 | 4.1.3 | menghafal Q.S. an-Nasr dan al-Kausar dengan lancar. | Kelas 3 |
16 | 4.4 | membaca Asmaul Husna: al-Wahhab,al-‘Alim, dan as-Sami‘ dengan jelas dan benar. | Kelas 3 |
17 | 4.70 | mencontohkan sikap bersyukur. | Kelas 3 |
18 | 4.9 | mempraktikkan tata cara zikir dan doa setelah salat secara benar | Kelas 3 |
19 | 4.13 | menceritakan kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. | Kelas 3 |
20 | 4.1.1 | membaca Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma’un dengan baik dan benar | Kelas 5 |
21 | 4.1.2 | menulis kalimat- kalimat dalam Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma’un dengan baik dan benar | Kelas 5 |
22 | 4.1.3 | menunjukkan hafalanQ.S. at- Tin dan Q.S. al- Ma’un dengan baik dan benar | Kelas 5 |
23 | 4.3 | menghafal nama- nama Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi | Kelas 5 |
24 | 4.8 | mencontohkan sikap sederhana dalam kehidupan sehari-hari | Kelas 5 |
25 | 4.9 | mencontohkan sikap Ikhlas beramal dalam kehidupan sehari- hari | Kelas 5 |
26 | 4.11 | mempraktikkan tatacara salat tarawih dan tadarus al-Qur’ān | Kelas 5 |
27 | 4.17 | menceritakan kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam al- Qur’ān | Kelas 5 |
28 | 4.1.1 | Membaca Q.S. al-Kafirun,al-Maidah / 5:2-3 dan al-Hujurat / 49:12-13 dengan jelas dan benar. | Kelas 6 |
29 | 4.1.2 | Menulis Q.S. al-Kafirun, al-Maidah / 5:2-3 dan al-Hujurat/ 49:12-13 dengan benar. | Kelas 6 |
30 | 4.1.1 | Membaca Q.S. al-Kafirun,al-Maidah / 5:2-3 dan al-Hujurat / 49:12-13 dengan jelas dan benar. | Kelas 6 |
31 | 4.1.2 | Menulis Q.S. al-Kafirun, al-Maidah / 5:2-3 dan al-Hujurat/ 49:12-13 dengan benar. | Kelas 6 |
32 | 4.1.3 | Menghafal Q.S. al-Kafirun, al-Maidah/ 5:2-3 dan al-Hujurat/ 49:12-13 dengan benar. | Kelas 6 |
33 | 4.4 | Menunjukkan hikmah beriman kepada qada dan qadar yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia. | Kelas 6 |
34 | 4.6 | Menunjukkan contoh sikap toleran dan simpatik terhadap sesame sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kafirun. | Kelas 6 |
35 | 4.7 | Menunjukkan hikmah zakat, infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun Islam. | Kelas 6 |
36 | 4.8 | Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yunus a.s. | Kelas 6 |
37 | 4.9 | Menceritakan kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s. | Kelas 6 |
38 | 4.10 | Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yahya a.s. . | Kelas 6 |
39 | 4.11 | Menceritakan kisah keteladanan Nabi Isa a.s . | Kelas 6 |
40 | 4.14 | Menceritakan kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an. | Kelas 6 |
ID KD | Kode KD | Deskripsi KD | Kelas |
---|---|---|---|
1 | 3.5 | memahami variasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai | Kelas 2 |
2 | 3.6 | memahami penggunaan variasi gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama | Kelas 2 |
3 | 3.7 | memahami prosedur penggunaan gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam bentuk permainan, dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air | Kelas 2 |
4 | 3.9 | memahami cara menjaga kebersihan lingkungan (tempat tidur, rumah, kelas, lingkungan sekolah, dan lain-lain) | Kelas 2 |
5 | 3.4 | Memahami bergerak secara seimbang, lentur, lincah, dan berdaya tahan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional | Kelas 3 |
6 | 3.5 | Memahami kombinasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai | Kelas 3 |
7 | 3.6 | Memahami penggunaan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama | Kelas 3 |
8 | 3.7 | Memahami prosedur gerak dasar mengambang (water trappen) dan meluncur di air serta menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air*** | Kelas 3 |
9 | 3.5 | memahami konsep aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani. | Kelas 5 |
10 | 3.11 | memahami bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh. | Kelas 5 |
11 | 3.6 | memahami konsep kombinasi pola gerak dominan statis dan dinamis (melompat, menggantung, mengayun,meniti, mendarat) untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam menggunakan alat. | Kelas 5 |
12 | 3.4 | memahami variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri. | Kelas 5 |
13 | 3.7 | memahami konsep kombinasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan bertema budaya daerah dan nasional mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik | Kelas 5 |
14 | 3.10 | memahami cara menjaga diri dari berbagai tindakan/ perilaku tidak senonoh | Kelas 5 |
15 | 3.1 | memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar. | Kelas 6 |
16 | 3.6 | memahami konsep rangkaian tiga gerak dasar senam lantai dengan konsisten, tepat, dan kontrol yang baik dalam aktivitas senam | Kelas 6 |
17 | 3.9 | memahami konsep pemeliharaan diri dari penyakit menular dan tidak menular. | Kelas 6 |
ID KD | Kode KD | Deskripsi KD | Kelas |
---|---|---|---|
1 | 4.5 | mempraktikkan variasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai | Kelas 2 |
2 | 4.6 | mempraktikkan penggunaan variasi gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama | Kelas 2 |
3 | 4.7 | mempraktikkan penggunaan gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam bentuk permainan, dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air | Kelas 2 |
4 | 4.9 | menceritakan cara menjaga kebersihan lingkungan (tempat tidur, rumah, kelas, lingkungan sekolah) | Kelas 2 |
5 | 4.4 | Mempraktikkan bergerak secara seimbang, lentur, lincah, dan berdaya tahan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional | Kelas 3 |
6 | 4.5 | Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai | Kelas 3 |
7 | 4.6 | Mempraktikkan penggunaan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama(ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama | Kelas 3 |
8 | 4.7 | Mempraktikkan gerak dasar mengambang (water trappen) dan meluncur di air serta menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air*** | Kelas 3 |
9 | 4.5 | mempraktikkan aktivitas jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani. | Kelas 5 |
10 | 4.11 | menceritakan bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh. | Kelas 5 |
11 | 4.6 | mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan statis dan dinamis (melompat, menggantung, mengayun, meniti, mendarat) untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam menggunakan alat. | Kelas 5 |
12 | 4.4 | mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri. | Kelas 5 |
13 | 4.7 | mempraktikkan kombinasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan bertema budaya daerah dan nasional mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik. | Kelas 5 |
14 | 4.10 | menceritakan cara menjaga diri dari berbagai tindakan/ perilaku tidak senonoh | Kelas 5 |
15 | 4.1 | mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor,dan manipulatif dengan kontrol yang baikdalam berbagai permainan dan atauolahraga tradisional bola besar. | Kelas 6 |
16 | 4.6 | mempraktikkan rangkaian tiga gerak dasar senam lantai dengan konsisten, tepat, dan kontrol yang baik dalam aktivitas senam | Kelas 6 |
17 | 4.9 | menyajikan konsep pemeliharaan diri dari penyakit menular dan tidak menular. | Kelas 6 |
ID KD | Kode KD | Deskripsi KD | Kelas |
---|---|---|---|
1 | 3.1 | mendengarkan, memahami, dan mengidentifikasi bunyi bahasa daerah yang didengar dengan tepat | Kelas 2 |
2 | 3.2 | mendengarkan, memahami, dan mengidentifikasi huruf lepas untuk menulis kata dan kalimat sederhana sesuai dengan kaidah | Kelas 2 |
3 | 3.3 | mengamati , mengenal, memahami ,dan mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara lisanndan tulis | Kelas 2 |
4 | 3.4 | mengenal , memahami , dan mengidentifikasi teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan bermain di lingkungan ruah atau sekolah | Kelas 2 |
5 | 3.5 | mengenal, memahami, mengidentifikasi teks terima kasih, permintaan maaf, dan sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman secara lisan dan tulis | Kelas 2 |
6 | 3.6 | mengenal, memahami, dan mengidentifikasi teks cerita diri tentang keluarga dengan bantuan guru atau teman secara lisan dan tulis | Kelas 2 |
7 | 3.7 | mengenal dan memahami teks tembang dolanan/ laghu en-maenan | Kelas 2 |
8 | 3.1 | mendengarkan, memahami, dan mengidentifikasi bunyi bahasa daerah yang didengar dengan tepat | Kelas 3 |
9 | 3.2 | mendengarkan, memahami, dan mengidentifikasi huruf lepas untuk menulis kata dan kalimat sederhana sesuai dengan kaidah | Kelas 3 |
10 | 3.3 | mengamati , mengenal, memahami ,dan mengidentifikasi teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara lisanndan tulis | Kelas 3 |
11 | 3.4 | mengenal , memahami , dan mengidentifikasi teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan bermain di lingkungan ruah atau sekolah | Kelas 3 |
12 | 3.5 | mengenal, memahami, mengidentifikasi teks terima kasih, permintaan maaf, dan sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman secara lisan dan tulis | Kelas 3 |
13 | 3.6 | mengenal, memahami, dan mengidentifikasi teks cerita diri tentang keluarga dengan bantuan guru atau teman secara lisan dan tulis | Kelas 3 |
14 | 3.7 | mengenal dan memahami teks tembang dolanan/ laghu en-maenan | Kelas 3 |
15 | 3.5 | mengenal, memahami, dan mengidentifikasi teks narasi atau deskripsi | Kelas 5 |
16 | 3.6 | mengenal, memahami, dan mengidentifikasi berbagai ragam gaya bahasa dalam | Kelas 5 |
17 | 3.7 | mengenal, memahami, dan mengidentifikasi teks cerita pewayangan | Kelas 5 |
18 | 3.8 | mengenal, memahami, dan mengidentifikasi pasangan aksara Jawa sesuai dengan kaidah | Kelas 5 |
19 | 3.1 | mengenal, memahami, dan mengidentifikasi teks informasi yang diperoleh dari berbagai media berbahasa daerah secara lisan/tertulis. | Kelas 6 |
20 | 3.2 | mengenal, memahami, dan mengidentifikasi teks tembang macapat sesuai dengan kaidah. | Kelas 6 |
21 | 3.3 | mengenal, memahami, dan mengidentifikasi teks lisan dan tulis berbahasa daerah yang memuat ungkapan tradisional (paribasan, bebasan, saloka). | Kelas 6 |
22 | 3.4 | mengenal, memahami, dan mengidentifikasi teks lisan dan tulis berbahasa daerah yang memuat cangkriman/ bhâk-tebbhâghân | Kelas 6 |
23 | 3.5 | mengenal, memahami, dan mengidentifikasi teks pidato, bercerita, dan lainnya sesuai dengan kaidah | Kelas 6 |
ID KD | Kode KD | Deskripsi KD | Kelas |
---|---|---|---|
1 | 4.1 | melafalkan bunyi bahasa daerah yang didengar dengan tepat | Kelas 2 |
2 | 4.2 | menebalkan dan menyalin huruf lepas pada kata dan kalimat sederhana menjadi kata atau kalimat dengan tulisan tegak bersambung sesuai kaidah | Kelas 2 |
3 | 4.3 | menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar , hewan,dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru, secara lisan dan tulis | Kelas 2 |
4 | 4.4 | memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan bermain di lingkungan rumah atau sekolah | Kelas 2 |
5 | 4.5 | mengungkapkan teks buku harian sederhana tentang kegiatan diri sendiri atau anggota keluarga secara lisan dan tulis | Kelas 2 |
6 | 4.6 | memperagakan teks permintaan maaf dan sikap hidup rukun di lingungan keluarga dan teman secara lisa dan tulis | Kelas 2 |
7 | 4.7 | melagukan tembang dolanan /laghu enmaenan | Kelas 2 |
8 | 4.1 | melafalkan bunyi bahasa daerah yang didengar dengan tepat | Kelas 3 |
9 | 4.2 | menebalkan dan menyalin huruf lepas pada kata dan kalimat sederhana menjadi kata atau kalimat dengan tulisan tegak bersambung sesuai kaidah | Kelas 3 |
10 | 4.3 | menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar , hewan,dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru, secara lisan dan tulis | Kelas 3 |
11 | 4.4 | memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan bermain di lingkungan rumah atau sekolah | Kelas 3 |
12 | 4.5 | mengungkapkan teks buku harian sederhana tentang kegiatan diri sendiri atau anggota keluarga secara lisan dan tulis | Kelas 3 |
13 | 4.6 | memperagakan teks permintaan maaf dan sikap hidup rukun di lingungan keluarga dan teman secara lisa dan tulis | Kelas 3 |
14 | 4.7 | melagukan tembang dolanan /laghu enmaenan | Kelas 3 |
15 | 4.5 | membaca teks narasi atau deskripsi dengan teknik membaca nyaring. | Kelas 5 |
16 | 4.6 | menulis teks dengan basa rinengga sesuai dengan kaidah dan konteksnya | Kelas 5 |
17 | 4.7 | menceritakan kembali cerita wayang secara lisan dan tulis | Kelas 5 |
18 | 4.8 | Menulis dan membaca teks sederhana beraksara Jawa yang menggunakan pasangan | Kelas 5 |
19 | 4.1 | menyampaikan dan menanggapi informasi yang diperoleh dari berbagai media berbahasa daerah secara lisan/tertulis. | Kelas 6 |
20 | 4.2 | menceritakan isi tembang macapat. | Kelas 6 |
21 | 4.3 | menanggapi teks lisan maupun tulis yang memuat ungkapan tradisional Jawa/ Madura (paribasan, bebasan, saloka). | Kelas 6 |
22 | 4.4 | mermain tebakan dengan cangkriman/ bhâk-tebbhâghân. | Kelas 6 |
23 | 4.5 | menulis dan memperagakan teks pidato, bercerita, dan lainnya sesuai dengan kaidah. | Kelas 6 |